Welcome!

Welcome to our community forums, full of great people, ideas and excitement. Please register if you would like to take part.

This is extra text with a test link..

Register Now

Announcement

Collapse
No announcement yet.

Kopi dari Indonesia

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Kopi dari Indonesia



    Indonesia dikaruniai tanah yang subur dan sangat cocok sebagai tempat menanam kopi. Belanda, yang pernah menguasai Indonesia, membawa kopi untuk ditanam di Indonesia. Perkebunan-perkebunan kopi tersebar dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia. Dari perkebunan-perkebunan inilah datangnya jenis-jenis kopi terbaik di dunia.


    Aroma dan cita rasa kopi juga dipengaruhi oleh tanah tempatnya bertumbuh. Kopi dari jenis yang sama, bila ditanam di tempat yang berbeda, rasa dan aromanya menjadi berbeda. Beberapa kopi paling terkenal di dunia berasal dari Indonesia. Kopi apa sajakah itu?


    Kopi Gayo tumbuh di Tanah Tinggi Gayo, Aceh Tengah. Kopi gayo adalah jenis kopi Arabica. Aromanya tajam, rasanya pahit dan tingkat keasamannya rendah.
    Kopi Sidikalang tumbuh di Sidikalang, Kabupaten Dairi, Sumatra Utara. Kopi yang ditanam di Sidikalang ada 2 jenis, Arabica dan Robusta. Kedua kopi ini memiliki rasa khas dan telah dikenal di seluruh dunia.
    Kopi Toraja tumbuh di Toraja, Sulawesi Selatan. Ciri khas kopi ini adalah rasa pahitnya yang langsung hilang tak lama setelah diminum.
    Kopi Kintamani tumbuh di Kintamani, Bali. Kopi ini memiliki cita rasa buah-buahan yang asam dan segar. Itu karena kopi ini ditanam bersama dengan buah jeruk dan sayur-sayuran.
    Kopi Wamena tumbuh di Wamena, Papua. Kopi ini ditanam secara organik, tidak menggunakan pupuk kimia. Bila dibandingkan dengan kopi jenis lain, kopi ini lebih ringan.
    Nah, itu beberapa jenis kopi terkenal yang berasal dari Indonesia. Masih banyak jenis kopi lainnya yang memiliki ciri khas tersendiri.


    Sumber
    Attached Files
    Dunia bebas Indonesia - Go nice thread to good idea
Working...
X