Welcome!

Welcome to our community forums, full of great people, ideas and excitement. Please register if you would like to take part.

This is extra text with a test link..

Register Now

Announcement

Collapse
No announcement yet.

Alasan Kenapa Kamu Harus Setop Pakai Charger iPhone Abal-Abal?

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Alasan Kenapa Kamu Harus Setop Pakai Charger iPhone Abal-Abal?

    Alasan Kenapa Kamu Harus Setop Pakai Charger iPhone Abal-Abal.jpg


    Jakarta - Harga kabel dan charger iPhone memang terbilang cukup mahal, karenanya jika rusak beberapa pengguna iPhone seringkali membeli aksesoris yang tak asli alias abal-abal.

    Meskipun charger dan kabel tersebut bekerja dengan baik, sebuah uji coba terbaru menunjukkan hasil yang sebaliknya. Sebagaimana Tekno Liputan6.com kutip dari BGR, Minggu (4/12/2016), rupanya penggunaan kabel dan charger tak resmi bisa membuat kerusakan berbahaya.

    Uji coba tersebut dilakukan oleh sebuah perusahaan independen bernama UL Laboratory. Dalam percobaannya, lab melakukan serangkaian tes keamanan elektrik dasar pada charger abal-abal yang dibeli dari toko online di berbagai negara. Hasilnya tak begitu baik.

    "Secara keseluruhan, kami menguji 400 adapterdan hasilnya mengejutkan, kegagalan pengujian mencapai 99 persen," demikian bunyi laporannya.

    Ditambahkan, hampir semuanya gagal saat diuji kecuali tiga unit. Kegagalan tes keamanan elektrik dasar menyebabkan charger terbakar dan mengalami kerusakan hebat. "12 di antaranya menunjukkan desain dan konstruksi yang berisiko melukai pengguna," demikian tertulis dalam laporan.

    Artinya, kabel dan charger tersebut kemungkinan besar dapat membuat rumah mati lampu dan membakar ponsel, hingga kebakaran rumah.

    Bukan cuma UL Laboratory, UK Trading Standards juga melakukan pengujian serupa pada charger dari pihak ketiga yang dijual di pasar dan toko sekitar London. Secara keseluruhan, dari 3.000 charger yang diuji, 15 persen dianggap tidak aman, namun masih lebih baik dibandingkan charger yang dibeli secara online. Meski begitu, tetap saja charger abal-abaldianggap tak aman.

    Untuk menghindarkan konsumen dari pembelian aksesoris dan charger palsu, Apple pun memberi panduan tentang cara membedakan produk palsu.

    Meski memang memproduksi sendiri kabel dan charger untuk perangkatnya, namun perusahaan yang bermarkas di Cupertino California ini juga memberikan sertifikasi buat aksesoris dari pihak ketiga melalui program "Made for iPhone" (MFi).

    Dengan persetujuan itulah, sejumlah produsen membayar biaya lisensi pada Apple untuk menggunakan Lightning port dan sirkuit desain Apple. Meski mahal, tetapi charger dan aksesoris tersebut dianggap aman dan bekerja dengan baik.

    Logo MFi sendiri bisa ditemukan di setiap bungkusan aksesoris yang telah tersertifikasi, misalnya saja baterai, charger, casing, pengait, hingga speaker. Patut diketahui bahwa Apple tidak memberi sertifikasi pada kabel USB tipe C. Jika ada kabel USB tipe C yang menggunakan logo MFi, dijamin merupakan aksesoris palsu.

    Hal terpenting yang harus diketahui sebelum membeli charger iPhone adalah tanda UL dan CE yang tercetak. Jadi, kamu tak perlu membeli aksesoris dengan logo 'Made By Apple'. Pastikan untuk membeli dari toko terpercaya dan arus listrik yang dikeluarkan benar-benar 2,1 Ampere, serta tak memiliki tulisan aneh di tiap sisinya.


    Sumber
    Dunia bebas Indonesia - Go nice thread to good idea
Working...
X