Welcome!

Welcome to our community forums, full of great people, ideas and excitement. Please register if you would like to take part.

This is extra text with a test link..

Register Now

Announcement

Collapse
No announcement yet.

Unand Kirim Empat Robot Terbang di Kontes Robot Terbang Indonesia

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Unand Kirim Empat Robot Terbang di Kontes Robot Terbang Indonesia



    Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat menyertakan empat robot terbang dalam Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) di Provinsi Lampung yang berlangsung sejak 20 hingga 26 November 2016.


    "Sebanyak 30 mahasiswa Teknik Mesin Unand bersama tiga pembimbingnya juga turut serta dalam lomba yang mempertandingkan kreativitas mahasiswa dalam bidang elektronika dan komputer tersebut," kata Wakil Bidang Kemahasiswaan Unand Prof Hermansah di Padang, Selasa (22/11/2016).


    Dia menyebutkan, keempat robot tersebut mempunyai nama sesuai karakteristiknya, yakni AFRG001 Unggeh Tabang, AFRG002 Gonjong Tujuah, AFRG003 Sikumbang Api, dan AFRG004 Alam Takambang.


    Keempat unit robot tersebut memiliki fungsi yang berbeda, yakni pemetaan dan pemantauan terhadap suatu daerah untuk Unggeh Tabang, kemudian untuk balap adu kecepatan untuk Gonjong Tujuah, sebagai pemadam kebakaran untuk Sikumbang Api.


    Robot bernama Alam Takambang sesuai namanya dalam bahasa Minangkabau untuk berkembang fungsinya dalam pengembangan teknologi. "Dalam kompetisi yang akan diikuti ratusan kampus tersebut juga Unand ikut pada kategori yang berbeda," katanya.


    Bagi Unand, kata dia, merupakan tantangan berat untuk mempertahankan gelar juara yang pernah diraih pada tahun sebelumnya. Meskipun begitu, dirinya optimistis Tim Unand kembali meraih prestasi dan juga memunculkan inovasi baru. "Kami berharap tim sukses, dan menjadikan Unand salah satu pusat pengembangan robot terbang di Indonesia," ujarnya.


    Ketika dihubungi di Padang, mahasiswa yang ikut sekaligus Ketua Tim KRTI Unand 2016 Ikhsan menjelaskan, target dalam lomba tersebut bukan hanya menjadi juara, namun dapat menciptakan inovasi. Dia berharap karya cipta kelompoknya tersebut dapat diterima banyak pihak dan dapat diaplikasikan untuk memudahkan aktivitas masyarakat.

    Sumber
    Attached Files
    Dunia bebas Indonesia - Go nice thread to good idea
Working...
X